gmail

Mengapa sebaiknya kita gunakan Google Mail Fetcher daripada Email Forwarder?

  • 27 July 2015
  • anangg
Di dalam dashboard Cpanel, apabila anda lihat, disana ada fasilitas Email Forwarder. Bisa diakses juga lewat webmail management anda di http://namadomananda/webmail. 
 
Fasilitas Email Forwarder ini sangat efektif apabila digunakan untuk memforward ke satu atau dua email address tujuan saja. Apabila di forward ke sejumlah email lainnya (>2), seringkali kena blacklist atau kena tanda spam setelah diterima di sisi penerima. Ini karena IP address yang dikenali sebagai pengirim adalah IP server anda bukan IP address si pengirim, sehingga gmail menganggap ini spam atau bukan email orisinil. Dan ini akan mempengaruhi juga user2 email dalam server yang sama. (Lihat: https://support.google.com/mail/answer/81126 )
 
Salah satu cara mengatasi ini adalah dengan menggunakan fasilitas Gmail yaitu Google Mail Fetcher. Melalui email gmail anda, bisa ambil (fetch) email2 message anda yang lainnya (nama domain apa saja) dengan menggunakan akses POP.
 
Mudah untuk setup Google Mail Fetcher dan ini fasilitas gratis dari Gmail. Menggunakan akses POP3 untuk mengambil isi mailbox dan memasukkannya ke Gmail lalu kemudian memilah-milah spam. Mail Fetcher bisa mendownload pesan email yang berasal dari 5 atau lebih akun email, sehingga anda bisa memusatkan semua email di Gmail anda.
 
Sekali Mail Fetcher sudah di set, Google akan memeriksa akun2 tsb secara periodik dan email2 baru yang masuk akan otomatis muncul di Gmail anda.
 
(Catatan: Akun email yang mana akan dilakukan 'fetch mail' / jemput email harus mensupport akses POP.)
 
Bagaimana cara set up Google Mail Fetcher:
 
  1. Log in ke akun Gmail anda.

Menggunakan Gmail sebagai webmail bagi semua alamat-alamat E-mail anda

  • 10 December 2013
  • anangg

Biasanya dengan keterbatasan web space yang diberikan oleh perusahaan anda, seringkali anda berharap bisa memiliki arsip di web yang lengkap atas pesan-pesan email anda.

Atau anda sering menggunakan fasilitas Forwarder di cpanel, tapi seringkali bermasalah karena email tidak kunjung tiba atau tidak sampai atau mendapat error message.

Caranya mudah, dengan menggunakan Gmail (google mail) anda bisa tetap menggunakan alamat email perusahaan anda dan punya mail space yang besar >10 GB dari google sekaligus bisa digunakan untuk mengarsip pesan2 email penting anda..